Jajanan Sehat Pendukung Prestasi Hebat

October 4, 2017

Jajanan yang tidak sehat hampir selalu mengintai siswa sekolah. Hal tersebut dapat disebabkan karena pengolahan yang tidak memperhatikan higinenitas dan sanitasi, penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) berlebih, dan bahkan akibat konsumsi pangan kedaluwarsa. Dilatarbelakangi hal tersebut, maka pemahaman kepada makanan yang sehat,  halal dan baik perlu ditanamkan sejak dini kepada para siswa. Hal tersebut disampaikan oleh Plh. Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Kota Lhokseumawe, Bapak Akmal Fajri dalam sambutannya pada saat membuka Bimbingan Teknis Keamanan Pangan untuk Guru di Kota Lhokseumawe. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Besar POM di Banda Aceh bekerja sama dengan Disparpora Kota Lhokseumawe pada Kamis, 28 September 2017.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kabupaten Bireuen bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat pada hari yang sama. Peserta pada masing-masing daerah berjumlah 100 orang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru Pengelola Kantin/UKS yang berasal dari 50 Sekolah Dasar di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bireuen.

Materi yang disampaikan pada Bimbingan Teknis Keamanan untuk Guru adalah Peran Komunitas Sekolah, Keamanan Pangan di Kantin Sekolah, Hasil Pengujian PJAS di Provinsi Aceh, Lima Kunci Keamanan Pangan Sekolah, serta Sosialisasi website dan Media Sosial Badan POM RI. Narasumber berasal dari Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi  Konsumen BBPOM di Banda Aceh Suryani Fauzi, Rina Nuryanti, M. Jamin, serta Endang Yuliawati.

Kesadaran akan pangan aman memang diperlukan sejak dini. Setelah kegiatan ini pihak Komunitas Sekolah diharapkan dapat lebih memahami tentang Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang aman dan sehat, sehingga secara tidak langsung dapat menunjang prestasi siswa di masa yang akan datang. Monitoring dan evaluasi terhadap kantin sekolah yang menjadi peserta akan dilakukan oleh BBPOM di Banda Aceh bekerja sama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan  sebagai lanjutan dari proses pelatihan ini   Tim Pengawas Keamanan Pangan Jajanan diharapkan dapat segera dibentuk oleh pihak sekolah sehingga dapat menjadi salah satu pilar yang mendukung terwujudnya Pangan Jajanan yang aman dan sehat.

Balai Besar POM di Banda Aceh