Berita / Pedoman Pemanjangan Produk Pangan Olahan di Sarana Peredaran Ritel Modern

Pedoman Pemanjangan Produk Pangan Olahan di Sarana Peredaran Ritel Modern

Setelah terbitnya  Peraturan Badan POM Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penerapan Sistem Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Olahan di Sarana Peredaran pada bulan Agustus 2021, pelaku usaha di sarana peredaran pangan olahan seperti ritel modern, ritel tradisional, distributor, importir wajib menerapkan Cara Peredaran Pangan Olahan yang Baik (CPerPOB) secara menyeluruh. Salah satu aspek dalam CPerPOB yang sangat penting adalah pemajangan produk khususnya di sarana ritel baik tradisional maupun modern. Pada pemajangan produk pangan olahan pelaku usaha perlu memperhatikan kesesuaian area dan fasilitas yang digunakan dengan spesifikasi produk, kapasitas penyimpanan, dan kenyamanan konsumen. Selain itu, kebersihan dan kelayakan area pemajangan juga penting untuk diperhatikan diharapkan tidak ada kontaminasi silang selama pemajangan produk pangan.

Pada Pedoman Pemajangan Produk Pangan Olahan di Sarana Peredaran Ritel Modern Seri 1 ini dibahas prinsip-prinsip dalam penerapan pemajangan tiga jenis produk, yaitu, pangan olahan curah, pangan olahan mengandung babi, dan pangan olahan dengan logo pilihan lebih sehat.

Pedoman ini menjabarkan secara rinci bagaimana pemajangan produk pangan olahan sehingga mudah dimengerti oleh pembaca. Setelah membaca buku ini diharapkan anda dapat memahami bagaimana cara pemajangan yang baik dan menerapkan untuk pemajangan di sarana anda.


Penyusun          : Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan

Penerbit             : Badan Pengawas Obat dan Makanan RI

Tahun Terbit       : 2023

Tempat Terbit     : Jakarta
 

Jam Layanan

  • Senin - Jum'at
    08.00 - 16.00 WIB
  • Senin - Jum'at
    08.00 - 16.00 WIB

Info Kontak

Statistik Pengunjung

  • Hari Ini: 80

  • Kemarin: 142

  • Minggu Ini: 464

  • Bulan Ini: 2179

  • Total: 265698

  • Sedang Online: 0

Social Media

Penilaian Anda

2022 BPOM All rights reserved.

Mohon isi form di bawah ini!

Layanan Referensi Perpustakan BPOM