Bedah Buku Badan POM untuk menghasilkan pelopor konsumen cerdas dalam pemilihan kosmetik

Bedah Buku Badan POM untuk menghasilkan pelopor konsumen cerdas dalam pemilihan kosmetik

Di era keterbukaan informasi, hasil pengawasan Obat dan Makanan diharapkan dapat menjangkau seluruh masyarakat. Diseminasi informasi menjadi hal yang penting, salah satunya melalui buku hasil kajian BPOM. Menjawab kebutuhan tersebut, Perpustakaan Badan POM yang berada dibawah Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan mengadakan acara Bedah Buku Badan POM pada Jumat, 11 Oktober 2019 untuk mengkaji Buku Pedoman untuk Konsumen: Kosmetika Tabir Surya dan Anti-Aging. Kegiatan berupa Talkshow yang menghadirkan pakar dalam penggunaan kosmetika.

Pada Laporan Panitia, Plt. Kepala Pusdatin, Tri Asti Isnariani, menyampaikan bahwa peserta bedah buku BPOM berasal dari internal BPOM dan jejaring Perpustakaan dari Kementerian Lembaga serta Perguruan Tinggi, yang diharapkan dapat menjadi pelopor penggunaan kosmetik aman dan menjadi duta penyebaran informasi kepada keluarga, teman dan kerabat.

Plt. Sekretaris Utama, Reri Indriani, memberi sambutan sekaligus membuka acara secara resmi, dan menyampaikan bahwa Acara Bedah Buku merupakan upaya promosi Perpustakaan serta memantapkan jejaring Perpustakaan Badan POM. Penggunaan kosmetika merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat, oleh karena itu diperlukan edukasi kepada konsumen tentang penggunaan kosmetika yaitu dengan melakukan CEK KLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa.

Narasumber pertama, Kepala Seksi Standarisasi Produk Kosmetik, Lili Amelia menyampaikan materi terkait Pedoman untuk Konsumen: Kosmetika Tabir Surya dan Kosmetika Anti-Aging. Beliau menyampaikan bahwa kosmetik bersifat dekoratif, tidak mengobati atau menyembuhkan. Salah satu kosmetik yang banyak digunakan yaitu Tabir Surya, yang pada penggunaannya harus sesuai waktu perlindungan yang dibutuhkan dari sinar matahari. Pemakaian tabir surya harus diulang sesuai kebutuhan, meskipun cuaca mendung karena radiasi UV tetap ada. Selain itu, Beliau juga menyampaikan beberapa tips pemilihan kosmetik.

Talk show bersama Chiki Fawzi yang juga adalah influencer media sosial serta brand ambassador kosmetika, menyampaikan tips kepada peserta untuk selalu merawat kulit dengan menjaga kebersihan dan menggunakan Tabir Surya. Chiki juga menyampaikan bahwa pembeliaan kosmetik sebaiknya tidak melalui online, namun dengan langsung melihat produk dan meneliti komposisi, label dan kemasannya agar pasti keamanan dalam pemakaiannya. Chiki menyampaikan dengan adanya aplikasi BPOM Mobile, masyarakat makin dimudahkan dalam memeriksa keaslian produk kosmetik yang hendak digunakan. Dengan kehadiran Chiki Fawzi ini pesan terkait penggunaan kosmetika yang aman diatas akan lebih menyebar dikalangan milenial.

Diharapkan setelah acara ini para peserta dapat memilih kosmetik yang aman dengan selalu menerapkan Cek KLIK. Dengan penggunaan kosmetika sesuai pedoman, masyarakat akan dapatkan kulit sehat dan terawat.

 

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan