Rapat Koordinasi Teknis Pengembangan Perpustakaan Khusus

Rapat Koordinasi Teknis Pengembangan Perpustakaan Khusus

Perpustakaan Badan Pengawas Obat dan Makanan RI mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Pengembangan Perpustakaan Khusus yang dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat, tanggal 8-10 Juni 2022 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI dan rapat diikuti oleh seluruh pustakawan dari seluruh Perpustakaan Instansi Pemerintah dan Swasta di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Agenda rapat ini membahas tentang Grand Design pengembangan perpustakaan khusus yang terdiri atas :

  1. Status kelembagaan perpustakaan di masing-masing instansi induk yang harus ditingkatkan atau setingkat eselon III.
  2. Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Khusus (SNP Khusus) sesuai Perka No. 14 diseluruh perpustakaan Khusus Intansi Pemerintah.
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan Khusus Intansi Pemerintah, dalam hal ini semua pustakawan dan tenaga perpustakaan harus mengikuti diklat dan sertifikasi pustakawan.

Perpustakaan khusus harus melakukan transformasi secara total terutama dalam hal status kelembagaan, pengembangan SDM Perpustakaan, pengembangan koleksi, sarana dan prasarana, serta pengembangan layanan dan pendanaan.